Sunday, November 24, 2013

Method | Lab Pemrograman Visual

Method
..:: METHOD ::..

Method adalah bagian dari badan program yang mengimplementasikan aksi tertentu dan akan dijalankan ketika dipanggil. Setiap method pasti memiliki nama dan badan program. Ada beberapa method yang seirng dipakai oleh para pembuat aplikasi, diantaranya, prosedur dan fungsi.

Di dalam bahasa pemrograman C#, method dapat didefinisikan sebagai berikut : 
 • Method yang mengembalikan nilai (fungsi) 
 • Method yang tidak mengembalikan nilai (prosedur) 
 • Method berparameter 
 • Metode static dan non static 

Struktur method dapat dijalankan melalui sintax dibawah ini 
 method _header
 {
    Method_body
 } 

Method header memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah 
 • Access modifier method 
 • Tipe pengembalian data 
 • Tipe data yang dikirimkan ke method 
 • Nama dari method 

Contoh 
public double hitung_luas()
 {
     ………statement…………
 } 

Pada method header diatas public double hitung_luas, dapat didefenisikan bahwa acess modifier method adalah public, jadi method dapat diakses oleh class lain selain class yang memiliki method hitung luas tersebut. 

Juga dapat didefenisikan bahwa tipe pengembalian data dari method adalah double. Jadi method akan mengirimkan tipe data double ke pemanggil method. Dan dapat juga didefenisikan bahwa nama method adalah hitung_luas. 

Tipe Pengembalian Data Dari Method 

Sebuah method memiliki kemampuan untuk dideklarasikan dengan sebuah tipe data kembalian. Tipe data ini terdapat pada method header. Sesuai dengan contoh diatas public double hitung_luas(), maka tipe data kembalian dari method hitung luas adalah double. Sehingga pada method body hasil dari perhitungan hitung luas harus didefenisikan, selanjutnya hasil perhitungan akan dikirimkan lagi ke si pemanggil method, dalam hal ini akan menggunakan keyword return. Keyword tersebut akan diikuti dengan variabel yang akan menyimpan hasil perhitungan. Jika sebuah method tidak memiliki pengembalian nilai, maka pada method body tidak perlu didefenisikan keyword return, dan pada method header dapat didefenisikan keyword void. Keyword void mengindentifikasikan bahwa method tidak mengembalikan nilai kepada pemanggil method. 

Aturan Penamaan Method 

Penamaan method adalah sesuatu yang penting, hal ini berkaitan dengan jumlah baris kode yang banyak sehingga method pun akan bertambah. Jika tidak mengikuti sebuah aturan penamaan yang baik, maka programmer akan kesulitan menentukan method mana yang akan digunakan. Dalam penamaan method tidak ada sebuah aturan yang baku, namun untuk mempermudah maka gunakanlah nama method sesuai dengan fungsi dari method tersebut. Misalnya method perhitungan luas, maka method dapat diberi nama hitung_luas(), atau method perhitungan gaji maka method dapat diberiu nama hitung_gaji. 

Contoh sintax method

Dibawah ini terdapat sebuah contoh penggunaan method 

public double hitung_luas()
 {
     Int alas, int tinggi;
     alas=5;
     tinggi=4;
     return (0,5*alas*tinggi);
 } 

Pada contoh diatas maka method akan mengembalikan nilai perhitungan (0.5 * alas * tinggi) kepada pemanggil method. Dikarenakan method memiliki sebuah tipe kembalian data dengan tipe data double, maka sebuah variabel dengan tipe data double harus dideklarasikan untuk menyimpan hasil perhitungan dari method. 

Contoh Penggunaan Method


Running test

Program diatas merupakan contoh menggunakan method void dan method fungsi. Method kali() merupakan method yang mengembalikan nilai integer dengan ditandai keyword return, sedangkan method tambah merupakan prosedur atau method void. 

Method Berparameter

Method berparameter merupakan fungsi atau prosedur yang meiliki parameter. Ada tiga parameter yang dikenal di dalam bahasa pemrograman C# antara lain 
 • Parameter nilai (by value) 
 • Parameter ref (by ref) 
 • Parameter out (by out) 

Parameter nilai 
Parameter nilai merupakan parameter input dengantujuan hanya nilai data yang ditransfer ke dalam prosedur atau method yang bergunsi sebagai masukkan. Contoh penggunaan parameter nilai dapat dilihat pada contoh program dibawah ini : 


Method dengan parameter nilai

Running test
Method dengan parameter nilai


Pada contoh program diatas kita dapat melihat sebuah method dengan nama tambah. Method tambah merupakan sebuah method dengan dua tipe masukkan yaitu int a, dan int b. selanjutnya method ini dipanggil pada program utama yaitu main. Dengan sintax c=tambah(3,4), angka 3 dan 4 adalah parameter masukkan yang masuk ke method tambah, lalu selanjunya 3 dan 4 akan masuk kedalam operasi penambahan, lalu hasilnya dikirim lagi ke pemanggil method dengan tipe data integer. Lalu hasil disimpan dalam sebuah variabel dengan nama c. 

Parameter ref

Parameter ref merupakan parameter yang dapat dijadikan input maupun output. Dengan parameter ref, nilai yang diproses dalam sebuah metode dapat dikirim keluar dengan menggunakan parameter ref sebagai output (hasil). Adapun contoh penggunaan method dengan parameter ref dapat dilihat pada program dibawah ini.

Parameter Ref

Running test
Parameter Ref

Pada contoh program diatas kita dapat melihat sebuah method dengan nama tambahsatu yang menggunakan sebuah parameter reference. tambahsatu (ref int a) parameter a merupakan parameter ref yang akan menerima masukan dari nilai variabel c. yaitu 5, kemudian ditambahkan satu menjadi 6. Nilai hasil penambahan akan dikirimkan keluar sebagai hasil proses (output) yang dimasukkan kembali ke dalam variabel c. 

Parameter out 

Parameter out merupakan parameter yang digunakan untuk mentransfer data keluar prosedur atau method. Parameter out tidak dapat digunakan untuk menerima nilai masukkan. Dibawah ini kita dapat melihat penggunaan parameter out pada sebuah method 

Contoh Penggunaan Parameter Out

Running test
Contoh Penggunaan Parameter Out

Dalam method tambahsatu (int a, out int b), parameter a merupakan parameter nilai untuk masukkan nilai, kemudian b merupakan parameter keluaran untuk mengirimkan hasil keluar prosedur / method.


Kesimpulan

  1. Method adalah bagian dari badan program yang mengimplementasikan aksi tertentu dan akan dijalankan ketika dipanggil 
  2. Method yang tidak mengembalikan nilai disebut void / prosedur, sedangkan method yang mengembalikan nilai disebut fungsi. 
  3. Terdapat berbagai macam parameter method , by value, by ref dan parameter out.

1 comments:

Spoiler Untuk lihat komentar yang masuk:

Post a Comment

Jangan lupa ninggalin jejak dengan komentar ^_^